mistis

PURA TUKAT SONG

Bali memang tak pernah habis dengan ke indahan
dan ke eksotikannya ,seprti apa yang mau saia tunjukkan sekarang
ini adalah gambar pura di tengah hutan tepatnya di Nusa Penida
untuk mencapai pura ini kita harus berjalan kaki
sekitar 1 jam dengan jalan yang cukup curam,dan sangad licin bila
hujan tiba,saia akan menceritakan sedikit asal usul pura ini


Pura ini tidak diketahui tepat berdirinya,karena saat zaman
belanda bura ini digunakan untuk berlindung dari amukan orang barat
cononnya berapa orang pun yang masuk ke gua ini,
eh pura ini semacam kayak gua gitu,
lanjut lagi berapa orang pun yang masuk ke pura ini
pura ini tak kan pernah penuh dan anehnya para penjajah tidak bisa melihat pura ini
mereka hanya melihat hutan belantara.

Di dalam pura ini terdapat satu tugu,kata oarang-orang sey
tu kuburan,tapi kuburan siapa belum ada yang tau
yang jelas tugu itu sangad di sakral kan
selain tugu ada juga dua buah gua kecil yang katanya lg ney
itu gua bisa tembus deket bibir pantai
padahal lokasi pura ini tepat berada di tengah-tengah
nusa penida kebayang gak jauhnya.

Pas pada waktu saia pulkam kemaren
ada upacara yang cukup besar disana
kalo gak salah nama upacaranya NANGLUK MERANA
upacara ini bertujuan untuk menyucikan pura dan terlindungi
dari segala mara bahaya,,katanya lg ney pas menjelang
upacara ada yang nemuiin sumur besarrrrrrrr dan dalam
nambah kagum lagi saia melihatnya.

saat upacara selesai ada seraingkain kegiatan yaitu
pelepasan burung jalak bali yang langka,dan penanaman pohon cenana dan majegau
anehnya pada saat itu burung di lepas bukannya kabur ,ehhhh malah bertengger
dan bersuara dengan merdunya,kata orang tau hal-hal begituan
katanya yang nungguin disana senang dengan burung.akhirnya semua rangkain upacara
selesai dan saia bergegas pulang karena sudah mulai gelap
kebayang gak ada lampu di tengah hutan
dari siang lagi udah disana,cape puas senang campur aduk deh.

Iklan

1 Komentar »

  1. ichaAwe Said:

    bali mang gak ada duanya degh…
    tp trnyt masih bnyk mistis2nya jg yah?


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: