Review Melasti & Nyepi

Setelah lama libur panjang akhirnya bisa ngeblog lagi ,rasanya ney tangan udah gatel banget pengen ngepost tentang apa saja yang terjadi atau saia liat pada saat melasti dan nyepi ,

  • pertama saia mau bahas tentang melasti yang mana di adakan sebelum nyepi guna menyucikan pelinggih pokoknya menyucikan (kagak tau lagi) ,pada saat itu saia tidak bisa ikut karena ada sedikit kesibukan (sok sibuk banget) ,jadinya saia hanya bisa nonton secara tempat saia kerja menjadi jalan utama melasti ,pertma yang saia amati semua jalan ditutup alhasil saia muter-muter kagak jelas biasanya cuma butuh waktu 15 menit eh malah molor sampe 45 menit kebanyang kagak capenya ,trus saia melihat beberapa hal nyeleneh di antaranya adanya perang feshion ,maksudnya banyak orang memakai aksesoris yang menurut saia berlebihan ,sepertinya mereka bukan mau sembahyang tapi melasti di gunakan ajang untuk ujuk gigi (pamer) menyedihkan tapi bagaimana lagi ,ini merupakan dampak dari tidak bisanya kita memilah budaya barat ,dan sebagai muntahan budaya barat muncullah sikap ke bule-bulen .dan memang tak di pungkiri lagi gaya ini menjadi tren di bali sekarang-sekarang ini ,apa jadinya kalgenerasi bali seperti ini mungkin kan semboyan “ajeg bali” tetap berjalan ??.
  • dan yang kedua tentang perayaan nyepi dari pengerupukan sampai pas hari nyepinya ,pengerupukan dulu ,seperti biasa sehari sebelum merayakan nyepi ada yang di sebut pengerupukan dimana pada saat tersebut dilaksanakan pengarakan Ogoh-ogoh sebagai pertanda buta kala (kayaknya maklum bukan ahli dalam bidang ini) hampir setiap banjar di bali membuat ogoh-ogoh ,tapi masih saia sesalkan prilaku menimpang yang dilakukan sebelum mengarak ogoh-ogoh tersebut seperti minum-minum (beralkohol) dan tak urung sampai mabuk (teler) dan hal ini juga bisa menyebabkan perkelahian ,kalau sudah sampai seperti ini siapa yang malu ?,sudah jelas nama bali semakin tercoreng dengan ulah beberapa orang yang sok ,benci deh.dan hal yang saia amati lagi banyak orang menyerbu supermarket untuk membeli persedian seperti snack dan makanan kecil lainnya ,sampai-sampai persedian supermarketnya pada habis pikir saia nyepinya kan cuma sehari tapi kok banyak banget beli nya yaw mending nyepinya seminggu huhuhh.pas bertepan dengan nyepi saia bangun page dan bersih-bersih dikit trus sembahyang maunya puasa eh baru liat kulkas serasa snacknya manggil-manggil pengen di lahap ,akhirnya kagak jadi puasa (dasar iman yang ciut) ,dan hal pailng milis yang baru saia tahu ,ternyata bandara ngurah rai buka (walo cuma menerima kedatangan),apakah ini yang disebut nyepi ,banyak hotel-hotel di daerah wisata buka ,sepertinya nyepi seakan sudah tinggal nama saja.dan pada saat malam nyepinya saia mendengar adanya aksi garong yang mencuri sapi ,ckckckck,benar-benar terlaluuu (rhoma irama mode on) .

    NB :: sekarang denpasar atau bahkan seluruh bali dilanda kelangkaan BBM,semua jadi susah .ckckck

    Iklan

    18 Komentar »

    1. suryacx Said:

      dunia emang udah g aman lg………

      makanya kita mesti waspada…….

      waspadalah…. waspadalah……………

    2. Artana Said:

      Itulah kegundahan kita bersama…

    3. ridhocyber Said:

      sayang banget yah kalo acara eagamaan di kotori dengan mabuk2an dan gagah gagahan seperti itu, trus menyucikan itu jadi gak sesuai lagi namanya, harusnya di ubah menjadi memabukan, dan fashion show!

    4. ridu Said:

      wew.. pertamina ikutan nyepi toh.. BBM langka jadinya langka

    5. winyo Said:

      wah enaknya nyepi di bali nok … kayaknya seru to berkelahi pas ngerupuk hahahahaha …

      -ulian medenengan mata, sing terima, jeg cakcak ndas ne deeeee-

    6. Landy Said:

      Miris bacanya, semoga nyepi yang akan datang menjadi lebih baik, sebagai bentuk pencucian diri amien

    7. indra1082 Said:

      Baru ber hari raya yah?? selamat ya…

    8. devari Said:

      whats? airport buka? wah sebuah tragedi atas nama pariwisata.
      padahal taon lalu ditutup.

    9. baliazura Said:

      met Nyepi dan tahun baru….

    10. Eka Said:

      wah airport buka ya? baru tau saya…

    11. Ady Gondronk Said:

      ko bisa airport buka sih??? lagi2 dah ini demi uang..!!

    12. hanggadamai Said:

      bukan cuma bali, tapi hampir di Indonesia …

    13. pink Said:

      aku juga tuh, sebelum nyepi beli persediaan snack dulu buat nyepi. hehe

    14. ew Said:

      jadi pengen nih melihat langsung perayaan nyepi di bali

    15. di amerika juga pada teriak neh..BBM naeeeeekkkk

      duh

    16. Ina Said:

      BBM na ikutan Nyepi juga. 😀
      *comment OOT*

    17. paramarta Said:

      sampe sekarang masih juga lho langka bbm-na. kenken pak pertamina ne. btw di add linknya ya… hehehe

      salam,
      paramarta

    18. aRya Said:

      @suryac:::kayak buk napi saja eh bang napi.

      @artana::akankah kegundahan itu akan berakir

      @ridhicyber::zaman udah kebalik bung

      @ridu::kagak tau ney

      @einyo::kok seperti reef lagu bli nanoe

      @landy::aminnn min

      @bli made::di buka bli,la wong orangnya sendiri yang bilang ma saia

      @baliazura::makacie

      @eka::kemana saja bung ??

      @ady gimbal::money talk ,wkwkkwkwk

      @hanggadamai:::ckckckckkckck

      @pink::sama pink

      @ew ::kebali saja whehhehehe

      @mercuryfelling::waduh ……..

      @ina :::ia kli

      @paramarta:::adu adu bagaimana nasib kita.


    { RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: